No comments yet

Perencanaan Stetegis (Strategic Planning)

Mengapa Perencanaan Strategis?
Selama dua dekade terakhir, berbagai macam teknik manajemen baru bermunculan, mulai dari analisis biaya-manfaat, sistem perencanaan, perencnaan penganggaran, penganggaran berbasis nol (zero-based budgeting), manajemen berdasarkan tujuan (management by objectives), Total Quality Management (TQM), reinventing, penemuan kembali (reinventing), dan seterusnya. Secara umum sebagian besar tidak banyak dipraktekkan bahkan menghilang dan umumnya banyak yang tidak pernah benar-benar dijalankan sebagai sebuah tools manajemen strategi. Perencanaan strategis, bagaimanapun, telah tumbuh dalam populer dan digunakan sebagai alat manajemen yang terbukti sangat efektif, terutama pada perencanaan program sebuah kota/daerah ataupun organisasi.
Saat ini dunia sedang berubah dan tidak ada komunitas yang terbebas dari perubahan, kecuali dengan analisis yang kuat atas faktor internal dan eksternal. Semakin setiap kota ataupun organisasi dihadapkan dengan keterbatasan sumber daya. Maka iya membutuhkan pilihan sebuah metode manajemen strategi untuk menghadapi kenyataan akan perubahan-perubahan baru.
Perencanaan strategis adalah cara sistematis untuk mengelola perubahan dan menciptakan masa depan terbaik dalam dunia baru ini. Ini adalah proses kreatif untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan program-program yang memanfaatkan kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang kota. Dalam hal Ini berfokus pada alokasi sumber daya yang langka untuk isu-isu kritis dan mendorong kota untuk menyelidiki sumber daya alternatif. Rencana strategis mendokumentasikan kursus untuk kotamadya. Ini bisa menjadi sangat penting mengingat kemungkinan perubahan personel di tingkat staf dan dewan, sehingga memastikan kursus tetap dipertahankan. Akhirnya, perencanaan strategis dapat memberikan komunitas gambaran yang lebih jelas tentang identitas uniknya sendiri dan menarik perhatian pada aspek-aspek mengenai kotamadya yang telah diabaikan sebelumnya.

BERSAMBUNG

Post a comment